Pengikut

Sabtu, 02 Desember 2017

Review & Pembahasan Anime Angel Beats

Halo semua XD

Kali ini Mimin mau membuat review tentang anime Angel Beats

Kenapa kok Angel Beats?? Inikan Anime yang sudah lama?? kok baru di review??

Jadi gini gan, bukannya mimin kudet tapi bagi sebagian orang, apalagi yang baru baru ini suka anime gak sedikit dari mereka yang belum paham mengenai alur cerita anime tertentu, salah satu animenya adalah Angel Beats ini. Apalagi bagi yang belum terbiasa sama bahasa jepang, pasti banyak yang dengerin tapi nggak paham apa apa. Karena itu agar bisa sama sama paham, mimin akan review anime Angel Beats.


SINOPSIS

Kisah Angel Beats bermula ketika Otonashi Yuzuru (Kamiya Hiroshi) terbangun dan menyadari bahwa dirinya sudah meninggal. Seorang gadis bernama Nakamura Yuri (Sakurai Harumi) memberitahunya bahwa dia sekarang berada di sebuah kehidupan setelah kematian dan yang hanya bisa diingat Otonashi adalah namanya. Yuri memberitahu bahwa dia adalah ketua dari Shinda Sekai Sensen (Rebels Against God) dan berperang melawan Tenshi (Malaikat) bernama Tachibana Kanade (Hanazawa Kana). Akan tetapi karena Otonashi tidak percaya pengakuan Yuri Jika Tenshi itu jahat, ia mencoba untuk berbicara dengannya akan tetapi apa yang dia fikirkan tak berjalan di kenyataan.

Otonashi memutuskan untuk bergabung dengan SSS dan melawan Tenshi akan tetapi dia merasa dirinya tertarik oleh sang Tenshi. Sambil perlahan mencoba mengenang kembali ingatannya yang hilang dan memahami Tenshi, dia perlahan lahan mengungkap misteri misteri Akhirat.

Angel Beats merupakan salah satu anime yang memiliki alur cerita yang membingungkan dan sampai sekarang nggak sedikit orang yang masih abu-abu dengan jalan ceritanya. Sebenarnya tidak ada misteri yang terlalu berat dalam anime ini, tapi ada beberapa hal yang membuat penonton kebingungan. Disini akan mimin bahas satu persatu (spoiler alert! bagi yang gak mau kena spoiler silahkan diloncati)

1. Sekai Sensen/Afterlife World
Andai ada sekolah yang kaya gini di Indonesia

Dunia setelah kematian di anime angel beats bertemakan sekolah SMA seperti kebanyakan sekolah lain, sekolah yang memiliki gedung olahraga, kantin dan asrama. Sekilas tak ada yang aneh dengan sekolah tersebut, namun jika diperhatikan di sekolah itu tak ada satupun orang dewasa. Tak ada orang dewasa di Afterlife World bukanlah sebuah ketaksengajaan akan tetapi hal itu memiliki alasan yang khusus.

Afterlife World diperuntukkan kepada orang orang yang meninggal muda atau mereka yang memiliki ambisi yang tidak tersampaikan. Afterlife World memberikan mesempatan bagi calon penghuninya untuk menyelesaikan ambisi masing masing atau hanya sekedar menikmati masa sekolah yang tak bisa dilakukan di dunia, dan apabila ambisinya telah terpenuhi maka mereka akan Lulus/Lenyap dari dunia itu dan kemudian bereinkarnasi.

Diceritakan bahwa Afterlife World merupakan program komputer yang sengaja dibuat untuk mereka yang telah meninggal dan memiliki penyesalan semasa hidupnya. Mungkin kedengaran aneh kalau ini merupakan sebuah program komputer, akan tetapi Afterlife World benar benar merupakan program komputer yang telah dirancang dengan tujuan tersebut, entah bagaimana konsepnya jika di dunia nyata tapi yang jelas program Afterlife World diciptakan oleh manusia. Rumor di animenya mengatakan jika penciptanya sendiri telah merubah dirinya menjadi NPC (bisa perubahan alami atau sengaja dirubah).

2. NPC (Non-Player Character)
Abaikan yang warna rambutnya bukan coklat :'D

NPC adalah julukan untuk mereka yang sudah berada di dunia tersebut tanpa merasakan dunia nyata. Wujud mereka adalah anak sekolahan dan guru guru yang mengikuti kegiatan rutin di sekolah seperti masuk kelas, belajar, olahraga dll.

NPC tak bisa lulus/lenyap dari Afterlife World karena mereka tak bisa melakukan apapun selain mengikuti kegiatan. Sedangkan peraturan di Afterlife World adalah jika seseorang mengikuti kegiatan harian seperti saat disekolah, mereka akan lulus/lenyap dari afterlife hal itu jelas bertentangan dengan kenyataan bahwa NPC sama sekali tidak lenyap.

Pada sebuah episode (mimin lupa yang keberapa :'D) ditunjukan bahwa salah seorang anggota SSS berubah menjadi NPC. Apakah itu sedikit penjelasan terselubung jika NPC sesungguhnya berasal dari seseorang yang masuk di Afterlife World tanpa bisa lulus?

3. Time Line
Merekalah Misteri Utama untuk setiap penonton
Otonashi Yuzuru

Disinilah masalah yang didapati oleh penonton yang menyaksikan anime Angel Beats. Otonashi Yuzuru adalah seorang pelajar dan pekerja sambilan semasa hidupnya dan bercita-cita menjadi dokter, dia memiliki seorang adik perempuan bernama Hatsune Yuzuru. Othonashi bekerja keras untuk membayar biaya perawatan adiknya yang mengalami lemah jantung dan memerlukan donor jantung, sesekali ia membelikan hatsune beberapa manga untuk mengisi kekosongan.
Otonashi & Hatsune

Ketika malam natal, Otonashi mengumpulkan uang untuk membelikan hadiah untuk Hatsune dan berencana membawanya berkeliling kota sambil menikmati salju yang turun. Sayangnya hal tersebut membahayakan bagi kesehatan Hatsune dan dokterpun melarang permintaan itu. Akan tetapi Otonashi tak peduli dan tetap membawa adiknya jalan jalan, dan sejak saat itu kondisi Hatsune semakin memburuk hingga ia meninggal dunia. Sepeninggal Hatsune, tekad Otonashi untuk menjadi dokter semakin membara.

Setelah lulus SMA, otonashi bertead untuk masuk ke perguruan tinggi dan mengambil fakultas kedokteran dan mempersiapkan diri untuk tes masuk. Sayangnya ketika dalam perjalanan menuju ke tempat tujuan, kereta api yang dinaiki Otonashi mengalami kecelakaan dan membuatnya terjebak di dalam terowongan bawah tanah.
Terowongan dimana Otonashi terjebak selama beberapa hari

Otonashi memimpin para penumpang yang berhasil selamat dari kecelakaan tersebut untuk mengevakuasi diri dan mengumpulkan makanan yang dapat ditemukan di dalam kereta. Otonashi juga ikut membantu merawat luka yang diterima oleh penumpang lain (wajar, kan masuk fakultas kedokteran :'D) sambil menunggu tim penyelamat datang menyelamatkan mereka. Setelah beberapa hari berlalu, tetap saja tak ada tanda tanda kehadiran tim penyelamat yang datang hingga semua orang disana kehilangan harapan. Dalam keadaan itu, otonashi menuliskan sebuah memo di asuransinya (atau apalah itu, kurang jelas bendanya) yang menyatakan bahwa dia jika dia meninggal maka dia bersedia agar tubuhnya menjadi donor untuk orang orang yang membutuhkan. Tanpa diduga, perbuatannya itu menginspirasi seluruh orang disana, dan merekapun melakukan hal yang sama.

Selang beberapa menit setelah kejadian itu, tim penyelamat datang mengevakuasi seluruh korban kcelakaan, tapi Otonasi telah wafat sesaat sebelum itu.
Nah, ini apa sih namanya?
Sekarang kita masuk kedalam hal yang menjadi pertanyaan...

Tachibana Kanade

Untuk sekarang kita liat pict dibawah ini biar mudah memahaminya..



Baiklah, sampai disini kelihatannya tak ada apapun yang aneh, tapi jika diperhatikan baik baik terdapat sebuah hal yang lumayan membingungkan.

Sebelum meninggal, Otonashi menuliskan dirinya siap mendonor organ tubuhnya kepada yang membutuhkan dan benarlah jika jantung milik Otonashi didonorkan kepada Kanade sehingga Kanade masih bisa hidup.

Baiklah kembali ke pembahasan utama, banyak yang tak memahami cerita amgel beats dikarenakan hal barusan. Pertanyaan yang paling sering muncul untuk anime Angel Beats:

"Jika jantung Otonashi berhasil didonorkan kepada kanade dan Kanade bisa kembali meneruskan hidupnya, lalu kenapa seolah2 Kanadelah yang muncul pertama kali di Sekai Sensen?"

Sebenarnya tidak terlalu membingungkan, hanya saja konsep tatanan dunia di Angel Beats yang tidak memiliki teori yang nyata, seperti halnya penjelasan pertama tentang Sekai Sensen tadi:"Afterlife World merupakan program komputer yang sengaja dibuat untuk mereka yang telah meninggal dan memiliki penyesalan semasa hidupnya". Jika diteliti secara logis dan menyangkut fakta, tidak mungkin ada dunia setelah kematian yang diciptakan dari komputer, tapi itulah konsep dunia yang disajikan oleh Angel Beats.

Lalu kenapa Kanade bisa muncul lebih dulu di Sekai Sensen?

Ada hal yang belum terungkap di Sekai Sensen, dan itu adalah Time Line atau jalur waktu dan jalur waktu di Afterlife tidak pasti seirama dengan Jalur waktu di dunia nyata. Hal itu dapat di gambarkan seperti foto ini:
Skema Time Line Angel Beats

Ketika Otonashi mati, tidak ada keterangan jika Otonashi "Pindah ke Afterlife World" seketika itu juga. Kemudian ketika Kanade tutup usia di dunia nyata, tidak ada penjelasan jika Kanade masuk ke Afterlife World di Time Line yang sama saat dia hidup. Ketika Kanade masuk ke Afterlife World, Kanade berada lebih dulu karena ia masuk ke aferlife di masa lalu (seperti yang terdapat di gambar).
Berbeda dengan Otonashi, ia masuk kedalam Afterlife pada zaman yang sama dengan Time Line dunia nyata sehingga membuat Kanade tampak meninggal duluan dari Otonashi.

Pada dasarnya, Kanade hidup lebih lama dari pada Otonashi (bisa dibilang Kanade meninggal pada umur 30-60) karena tidak dijelaskan kapan waktunya, jadi hal itu mungkin saja terjadi.



Lalu apa penyesalan Otonashi sehingga membuatnya masuk kedalam Afterlife World?

Penyesalan Otonashi? Apakah karena adiknya meninggal? apakah karena dia gagal menjadi dokter? Apakah karena dia tidak bisa menyelamatkan orang orang yang terjebak di dalam terowongan kala itu?

Jawaban untuk itu semua adalah. SALAH.

Otonshi sama sekali tidak memiliki penmyesalan dalam hidupnya. Itu terbukti dengan perbuatannya sebelum ia meninggal bahwa ia mendonorkan organ tubuhnya sehingga meskipun ia mati, ia masih memiliki pencapaian yang baik.

Penyesalan Kanade adalah dia tak bisa memberikan rasa terima kasihnya pada penyelamat hidupnya yakni Otonashi yang telah mendonorkan jantungnya. Dengn kata lain, Otonashi berada di Afterlife hanya agar Kanade dapat berterima kasih pada Otonashi.

Inilah sebuah pelajaran dari film Angel Beats yang tak diketahui oleh semua orang. Banyak dari planning atau rencana yang telah kita susun tiba tiba saja tak berjalan sesui dengan keinginan kita. Banyak yang bilang "Espektasi tak seindah realita" Hal itu memang benar, akan tetapi Menyesali Ekspektasi yang gagal adalah Kesalahan FATAL.

Tidak semua hal yang kita rencanakan akan berjalan dengan lurus tanpa halangan, sudah banyak sekali contoh mengenai hl itu. Akan tetapi mengeluhkan kegagalan spektasi bukanlah hal yang pantas. Karena ketika espestasi kita tidak sesuai realita, saat itu juga Espektasi orang lain menjadi realita.

Otonashi Yuzuru tidak seharusnya berada di Afterlife World, karena ia tak memiliki penyesalan. Akan tetapi ia berada di Afterlife World untuk orang lain, yakni untuk Kanade agar Penyesalan Kanade bisa terbalaskan. Inilah sebuah misteri yang telah banyak diabaikan oleh para penonton.
Bagaimana cara mengikhlaskan Ekspektasi pribadi agar ekspektasi orang lain bisa menjadi realita. Itulah yang diabaikan dari Anime Angel Beats.

Biklah semua, sepertinya pembahasan dari anime Angel Beats mimin cukupkan sampai disini. Jika misalnya kalian suka dengan pembahasan mimin silahkan komen dibawah dan follow blog mimin karena mimin akan membahas lebih banyak lagi seputar Anime dan Game. (Yah, meskipun membahasnya nggak seperti kebanyakan sih, tapi ini yang mimin suka)

Terima Kasih sudah mampir, and See yaa... :3

33 komentar:

  1. Kak kalau luka yang di perut otonashi pas di kereta itu kenapa sih? Apa karena kecelakaan itu? Atau karena hal lain?

    BalasHapus
  2. Kenapa yuzuru nggk ikut lenyap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuzuru lenyap setelah kanade, kan di akhir keduanya ketemu di dunia nyata

      Hapus
    2. Di ending ,yuzuru ketemu sama kanade di dunia nyata ,apa itu flashback atau gimana?

      Mohon penjelasaanya

      Hapus
    3. Lebih asik sih kalo itu kelanjutannya dari kehidupan setelah afterlife, soalnya si kanade itu nyanyiin lagu terakhirnya si masawi "My Song".

      Hapus
    4. Berharap ada crita reinkarnasinya mreka gasih ;)

      Hapus
    5. Itu yg ending yuzuru ketemu kanade itu habis renkarnasi,setelah mereka lenyap mereka (yuzuru dan kanade) renkarnasi terus mereka ketemu di dunia nyata

      Hapus
    6. Iya, reinkarnasi dari mereka masing2 itumah.. makanya sekilas mirip kanade satunya lagi mirip yuzuru

      Hapus
  3. Fyi, sbnernya si program afterlive world ini si otonashi, y bener si otonashi ini mrupakan sbuah npc ( klo pgn prcaya coba nonton eps 12 bagian yuri pas ngomong ama si program komputer trus bandingin ama scene otonashi pas di another epilogue dgn scene pas di episode 1 ).
    Jd intinya si otonashi ini yg ngendaliin smuanya bukan kanade, krn otonashi ada di afterworld sblum yuri dkk.
    Kenapa otonashi brubah jd npc? Jd gini kn otonashi ada di afterwold lebih dulu dri mereka2, nah dunia afterworld itu sk otonashi ini nolongin orang2 untuk mewujudkan mimpinya yg mana bakaln trjadi nge bug ( istilahnya ) , jd krn servernya nge bug, si otonashi brubah jd npc dn trsadar di episode awal dn membuat semua ingatannya hilang.
    Nah krn si otonashi ini npc jd dia gk bisa lulus, makanya dia ada didunia itu terus buat nungguin orang2 yg ingin mewujudkan mimpinya
    Gitu aja sih ak dpet dri beberapa sumber, smoga puas ama jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wait...Tapi kenapa otonashi sama kaede ketemuan lagi discene akhirnya. Kalau itu adalah reinkarnasi yg pasti otonashinya udah mati dong ya gak

      Hapus
    2. Emang otonashi jdi npc pas kapan ya?

      Hapus
  4. Sedih anime nya punya banyak penyesalan sewaktu di dunia

    BalasHapus
  5. Penyesalan saya adalah terlalu berharap dan membuat ekspetasi yang tidak memuaskan:(, jika gw mati gw bakal ke sono gk yah?

    BalasHapus
  6. Jadi temannya nya menghilang pergi kemana

    BalasHapus
  7. Kira-kira mereka semua ketemu lagi gak ya? Terlalu gantung sih menurut gw :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mereka semua kan dah mati. Kalau ketemu ya di akhirat.

      Hapus
  8. Udah satu dekade cuy belom rilis juga

    BalasHapus
  9. Yang saya bingungkan Apakah Otonashi ikut lenyap dari afterlife atau tidak tapi kenapa di ending si kanade sama otonashi ketemu? Mohon jawabannya sensei

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu juga yg gw bingungin, gimana tuh min ?

      Hapus
    2. Gw nonton udah lama banget, sekitar 2013 ato 2014 tapi sampe sekarang feelnya masih kerasa. Nangis kejer gw nontonya. Seingat gw, ada beberapa versi endingnya. Gw lebih milih mikir endingnya itu yg Otonashi ketemu lagi sama Kanade setelah mereka reinkarnasi.
      Dan endingnya yang lain, yg Otonashi tetep di Afterlife itu, tapi gw ga bisa terima itu, syedih

      Hapus
  10. min, klo boleh tau minta penjelasaannya dong ttg eps 12 itu mksdnya apa (yg pas Yuri bicara sama Pencuri komputer)? dan klo boleh tau siapa sebenernya si pencuri komputer itu? apa dia NPC juga?

    BalasHapus
  11. Misterinya :
    1.Bagaimana kanade bisa program diri ia sendiri seperti tenshi apa gara2 semua nya itu bisa dibuat seperti yang yuri katakan bahwa klo bisa dibayangkan apapun bisa dibuat.

    Misteri 2 :
    Jika yuri dariawal sudah tau kalo kanade itu manusia biasa kenapa ia masih lawan? Apakah gara2 yuri berpikiran bahwa kanade punya kekuatan sonic/blabla menjadikan ia sebagai malaikat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barusan selesai nonton pas 6 november 2020,kaga bisa nangid terlalu memikirkan plot twist nya

      Hapus
    2. Menurut saya sih untuk misteri ke-2 yang anda maksud sebenarnya yuri tau kalau dia manusia tetapi ia juga tau apabila seseorang yg lulus dari akademi itu mereka smua hilang dan yuri tidak tau kemana perginya mereka yg hilang tsb dan kanade sebagai pendisiplin di sekolah tsb dijadikan alasan untuk yuri menjadikan kanade sebagai musuh karena yuri tak ingin kehidupannya dan teman-teman barunya hilang dan kejelasannya tidak ada.

      Hapus
  12. kunjungi juga
    https://www.animelii.site/

    BalasHapus
  13. Dari apa yg aku tangkap dalam anime itu sih itu bkn flashback melainkan lanjutan film angel beats tetapi sepengetahuan saya kalau tidak salah penulis angel beats sudah meninggal jadi kelanjutannya tidak ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud saya di endingnya

      Hapus
    2. Satu lagi, ini menurut ekspektasi saya pribadi yah... Kalau dilihat dari endingnya n alur cerita yang dimana semua anggota SSS sudah tidak menyesali perbuatannya atau penyesalannya sudah hilang. Menurut saya dari scene setiap anggota SSS yang reinkarnasi itu sebenernya bukan reinkarnasi menurut saya mereka semua itu seperti dalam keadaan koma dan ketika mereka tidak sadarkan diri mereka berada di sekai sensen/dunia lain tsb. Dan ketika penyesalan mereka sudah hilang mereka sadar dari koma mereka. Dan yg berenkarnasi itu cmn otonashi yuzuru saja. Itu cuman pendapat saya saja jadi kalau berbeda pendapat yah mohon maaf semua orang memiliki pandangan yang berbeda-beda.

      Hapus
  14. Min saya mau nanyak di eps 13 itu kan teman nya pergi semua itu jadi otonashi kyk mana apa tetap di situ apa dia pergi ke tempat awal. Dia hidup, trs kalau Emg dia masih di dunia alterlife dia ngapain

    BalasHapus
    Balasan
    1. otonashi tetap berada disitu di dunia afterlife dalam jangka waktu yg cukup lama untuk menyadarkan dan membantu orang-orang yang terjebak di dunia tersebut. setelah dirasa disana ada penerusnya, barulah otonashi memutuskan bereinkarnasi ke dunia untuk bertemu lagi dengan kanade. di epilog sama di ending terakhirkan sudah ada, tinggal disusun saja

      Hapus